Sunday, May 12, 2013

WOOAA BATU CAVES !!

Awalnya saya mengira patung dewa hindu besar berwarna keemasan ini ada di Thailand, Myanmar, atau negara di sekitarnya. Tapi ternyata malah ada di Malaysia. Tentu saja saya tidak akan melewatkan begitu saja tempat keren ini  ketika mengunjungi Kuala Lumpur.

Patung besar itu disebut sebagai Dewa Muruga dan tempat ini disebut sebagai Kuil Batu Caves. Letaknya ada di Gombak-Selangor, bisa ditempuh dengan menggunakan KTM dari KLCC menuju Stesen KTM Gombak.

Batu Caves adalah batu kapur yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua. Gua ini adalah salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer. Di tempat inilah titik fokus festival Hindu Thaipusam di Malaysia. Keren ga tuh, man...!!

Kata wikipedia, patung Dewa Murugan itu tingginya 42.7 m (140 ft) dan menjadi yang tertinggi di dunia. Konon terbuat dari 1550 meter kubik beton, 250 ton baja bar, dan 300 liter cat emas yang didatangkan dari Thailand (nah tu kaann, ternyata masih ada juga hubungan sama Thailand ^^,) Buat bikin patung guede itu tadi dibutuhkan biaya sekitar 24 juta rupee. 

Ceritanya, saya kesana pagi banget. Biar ga kepanasan dan masih sepi. Dari Genting Highland, saya naik taxi yang tentu saja harus melewati tawar menawar yang alot (you know lah, gimana taxi malaysia tanpa argo). Akhirnya dapat harga RM 20 untuk berdua dan tanpa menaikkan penumpang lain. Lumayan lah daripada lumanyun (ngomong sama diri sendiri). 

Kurang lebih 20 menit kemudian kami sampai di Gombak Selangor. Kedatangan kami disambut oleh ribuan burung dara.
Awas, kejatuhan rejeki (baca: e'ek burung) !
Hiyeeess!!! Kuil ini beneran masih sepi. Hanya ada beberapa orang yang datang untuk sembayang, sekedar berjoging, atau pedagang yang membersihkan kiosnya.
Kuil di bawah bukit
Interior di dalam kuil, udah ada kipas anginnya loh... ^^
Pemandangan di bawah bukit
Taman di dalam kuil di bawah bukit, sejuk banget disini.
Salah satu deretan kios di sekitar Batu Caves
Nah, untuk masuk ke dalam gua kita harus menaiki 272 anak tangga.
Iyaaa, cuma dua ratus tujuh puluh dua anak tangga kok... dengan tingkat kemiringan yang bisa kamu lihat di foto di atas. Gimanaaa...??
Hahahahahaaa...pasti udah capek duluan yaa ngelihatnya. Tosss dulu dong kalo gitu...!!

Sebenarnya saya punya berjuta rasa penasaran ingin naik sampai atas, tapi karena partner saya baru sembuh dari sakit typus, akhirnya saya hanya berputar-putar saja di beberapa barisan tangga terdepan. Coba kalo saya berhasil naik sampai atas, eemm lima kali aja, pasti deh pulang dari Malaysia bakal kelihatan lebih langsing. *ngayaaaal...

Oya, di tempat ini ada banyak monyet. Selagi ga diganggu, mereka bakal baik-baik saja koq...

Eh tunggu bentar, karna saya ga berhasil naik sampai atas, saya carikan dulu gambar bagian dalam kuil Batu Caves di internet (Bwahahahahhaaaa....).
ini salah satu sudut di bagaian dalam gua
Pokoknya kalo kapan-kapan kesini lagi, saya mau naik sampai ke anak tangga yang ke dua ratus tujuh puluh dua aahh...

No comments:

Post a Comment