Saturday, October 27, 2012

BALI SAFARI and MARINE PARK

Tipe yang manakah kamu...
1. Sudah sering ke Bali tapi melewatkan Bali Safari and Marine Park...?
2. Sudah ada di Bali tapi tidak mengunjungi Bali Safari and Marine Park...?
3. Sudah, sudah, sudah...apa sih...saya ga tahu Bali Safari and Marine Park...!


Ahahahaaa, bila kamu ada di salah satu dari ketiga tipe diatas maka kamu tergolong dalam kaum Kasiyaniah Sekaliatun. 

Seperti yang kamu tahu, bahasan dalam blog ini kadang agak lebayatun, jadi wajar jika terkadang kamu ketemu sama istilah-istilah yang di luar kemampuan berbahasa manusia pada umumnya.


Baiklah, mari kita lanjutkan *sisir poni*

Jadi begini..... *prolog-nya kepanjangan*



Bali Safari and Marine Park itu bagian dari Taman Safari Indonesia. Lokasinya ada di Jalan By pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Bali. Kawasan ini merupakan objek wisata nasional yang dibangun diatas lahan seluas 40 hektar di tiga desa di Gianyar. Jarak tempuh dari Denpasar sekitar 17 km dan jarak tempuh dari Kuta sekitar 30 km.

Transportasi termudah untuk sampai di sana adalah dengan TANGAN. Hiyaakk, acungkan saja tangan ke jalan raya, kalo ada taxi berhenti, bilang aja "BALI SAFARI, Pak..!". Kurang lebih sejam kemudian kamu udah ada di pintu gerbang BALI SAFARI & MARINE PARK. 

Hayooo mau bilang : "Mahaaal naik taxi..!!" yaa...
Eits, jangan kayak orang susah gitu dongs... Kalo kamu pas ga kena macet, dan se-taxi ada ber-3, ongkosnya jadi lebih murah. Lhaaah kalo kebetulan traveling sendirian yaa... yaaa derita kamu sih...

Setelah menyelesaikan pembayaran tiket, ada sebuah mobil safari yang jemput dari terminal utama ke Terminal Bali. Dari Terminal Bali ini lah, ada sebuah Lobby yang merupakan penghubung antara Bali Safari dan Marine Park.
Terminal Bali
Lobby Barong
Di atap Lobby Barong, beneran ada barongan-nya loh...
Entah atas petunjuk siapa, kaki ini melangkah menuju Marine Park terlebih dahulu. Di sini yang bakal  dijumpai pertama kali adalah Fresh Water Aquarium. Semacam aquarium besar dan panjang yang dihuni berbagai spesies ikan. Tidak banyak yang bisa dinikmati di sini, karena Marine Park masih dalam tahap penggembangan.

Salah satu sudut Fresh Water Aquarium
Ada juga kolam piranha,
nanti setiap jam16:00 ada show gimana lahapnya ikan2  kecil piranha melumat  seonggok daging.
Tentu saja wahana utama dari Bali Safari ini adalah Safari Journey. Seperti yang saya bilang sebelumnya, kita akan diajak berkeliling menikmati satwa liar di alam yang indah. Tidak hanya satwa dari Indonesia, tapi dari  beberapa penjuru dunia beserta ekosistem buatannya-pun ada di sini. 
beberapa satwa yang bisa kita lihat dari dalam bus safari
Masih banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di sini selain berkeliling dengan Safari Journey, misalnya basah-basahan di Fun Zone WaterPark, berkeliling sungai naik perahu di Jungle Cruise, bercinta dengan babby white lion di Ranthambore, melihat Elephnt Show, berkenalan lebih dekat dengan orang utan, naik unta, atau sekedar foto narsis najis bareng komodo. Semua hal seru ada di sini.
Jadi ga cuma hiburan, tapi tempat ini membuat kita makin ngerti dan peduli perlunya menjaga satwa-satwa langka ini. Mereka itu kayak kita meeenn...!! Butuh tatih tayang dan perhatian... *wuidiiiihhh
kalo mau ketemu white tiger di Ranthambore 

Kalo lelah dan laper, di sini juga disediakan beberapa restoran dengan dinding kaca, jadi sambil makan kita bisa ngelihat white tiger yang lagi bobok siang gitu deh...

Kalo mau cari souvenir yang Safari banget dan yang Bali banget bisa datang ke Bali Market atau Art Shop. Harganya sih standar harga tempat wisata gitu, MAHAAAALLL. Ahahahaaaa... Di samping Bali Market ini ada Bale Banjar. Di tempat itu kita bisa belajar tentang kesenian Bali, mulai dari tarian sampai cara berpakaian adat. Seru kaaann..!!
Peken itu artinya pasar alias market
milih-milih doang tapi ga beli, hahahaa...
Oya, toilet di Bali Safari and Marine Park ini mendapat predikat sebagai The Best Public Toilet for Tourist Destination in Indonesia loh... Emang sih tolet-nya itu bersih, dindingnya dari batang bambu, lantainya dari kerikil, ga bau, pokoknya semacam eco toilet yang natural dan nyaman.
Tempat ini memang adem, tenang, asri, dan udaranya masih sejuk. Panaspun ga berasa menyengat.

Nah kaaann... yang udah ke Bali tapi belum kesini makin jadi kasiyaniatun nih...
Ehehehee.. kalo ga ada teman yang mau diajakin maen ke mari, saya mau loh menemani asal gratis.

Informasi lebih lanjut mengenai Bali Safari and Marine Park bisa dilihat-lihat di sini

No comments:

Post a Comment