Thursday, December 13, 2012

ITINERARY: PENTING GA SIH...?

Apa gunanya menyusun itinerary sebelum memulai bepergian? Supaya kita bisa mengatur budget dan rute perjalanan sesuai kemampuan. Baik itu kemampuan dalam hal finansial, kekuatan tubuh, maupun jatah cuti. Jangan pernah traveling tanpa perencanaan, karena akan buang uang, tenaga, dan waktu. - CLAUDIA KAUNANG

Itu adalah status facebook mbak Claudia Kaunang, salah satu travel writer favorit saya, yang saya baca tadi pagi.
Satu kata: AGREE..! 

Bagi beberapa orang, mungkin merencanakan perjalanan itu akan memakan waktu dan menjadi sesuatu yang sia-sia. Terlebih bila jatah libur hanya ketika weekend. Namun buat saya, membuat rencana perjalanan membantu untuk lebih fokus dan membantu dalam perkiraan budget (maklum gembel gembira, wkwkwk...). Meskipun terkadang banyak hal yang terjadi sehingga beberapa rencana perjalanan harus berubah, tapi setidaknya perjalanan menjadi lebih terarah dan liburan menjadi optimal, efektif, dan tidak sia-sia karena tidak tau harus bagaimana dan kemana di tempat tujuan. Jadi walau hanya liburan sederhana di tempat yang tidak terlalu jauh, saya tetap melakukan perencanaan meski tidak sedetail liburan yang membutuhkan rencana lebih matang.
Perjalanan tanpa rencana mungkin saja dilakukan. Bahkan ada kalanya perjalanan tanpa rencana menjadi suatu petualangan seru dengan banyak kejutan dan hal-hal tak terduga. Namun untuk memaksimalkan perjalanan, tidak ada salahnya tetap membuaat suatu perencanaan sederhana kan...?

Jadi sekarang, menurut kamu pentingkah membuat itinerary...? 

No comments:

Post a Comment