Friday, November 16, 2012

JALAN SERU di MUSEUM FATAHILLAH

Museum Fatahillah dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2,  Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi. Awalnya gedung ini dulu adalah sebuah Balai Kota yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Bangunan itu menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.
Museum Fatahillah (dari jauh) diresmikan 30 Maret 1974 (bareng sama Ulta Papi)

Tiket masuknya Rp 5.000 / orang (untuk dewasa). Kalo kita ga minta pamflet, kita ga bakal dikasih. Sebaiknya minta pamflet, biar maksimal ngeksplore museum ini.
Tiket dan Pamflet Museum Sejarah Jakarta
Tidak ada peta atau denah dalam pamflet yang diberikan. Tapi di pintu masuk, kita bisa melihat denah Museum Fatahillah yang gede bangettt... Jadi ga perlu takut bakal nyasar seperti sebelumnya.
Denah Museum Sejarah Jakarta
Objek-objek yang dapat ditemui di museum ini antara lain perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 sampai 19, yang merupakan perpaduan dari gaya Eropa, Cina, dan Indonesia. Juga ada keramik, gerabah, dan batu prasasti. Koleksi-koleksi ini terdapat di berbagai ruang, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.
Pelajaran sejarah 5-SD nih. Prasasti peninggalan Tarumanegara (waahh begini to...)
Ukiran dan lemari gaya Eropa bangeeett
Mebel antik dan sejarah kota Jakarta
Kalo kamu senang sejarah, pasti betah banget di dalam sini, rasanya pengen baca satu per satu (maklum bentukan kakak yang punya adek didik kelas 5 SD, pelajarannya persis begini, apalagi bagian tentang Kerajaan Tarumanegara, sukaaaa sekaliii...jadi tau gimana aslinya huruf palawa dan bahasa sansekerta).

Pokoknya ga nyesel deh meluangkan waktu mengunjungi museum ini. Banyak ilmu yang bisa kita dapat. Yang dulunya cuma ngerti lewat buku pelajaran, di sini kita bisa langsung paham. Buat emak-emak dan bapak-bapak, yuks mari anaknya di ajak main di mari... (Besok anak-ku juga aaahh... ^^,)
Selamat menikmati jalan seru di Museum Fatahillah...!

2 comments:

  1. Aku senang ulasannya, menarik, cocok ama gambarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh, makasih... saya yang sedang belajar ngeblog ini, senang membaca tanggapannya.
      Makasih sudah mampir kemari kakak oby92g herlambang...
      :)

      Delete