Thursday, June 14, 2012

JURONG BIRDS PARK

Sebenarnya dari Singapore Science Centre ke Jurong Birds Park tidak terlalu jauh. Menurut petunjuk ajaib yang sudah saya pelajari di Indonesia, untuk menuju ke Jurong Birds Park bisa dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 170 meter menuju Jurong Town Hall Road, kemudian naik bus nomer 335 dan turun di Stasiun MRT Chinese Garden untuk naik MRT jalur hijau lalu turun di MRT Boon Lay Station. Dari stasiun tersebut jalan sekitar 100 meteran menuju Jurong West Central 3, dilanjutkan dengan naik bus nomer 251 dan akhirnya turun di Jurong Birds Park. Rempooong bangeeett kan yaaa...? Whuahahahaaa... 
Nah, karena lagi males ribet naik turun MRT dan bis, maka kami putuskan buat naik taxi. Dan ternyata naik taxi dari Science Centre menuju Jurong Birds Park itu murah gilak loh... Ga nyampai SGD 5, kita sudah di antar sampai ke pintu masuk bagian dalam Jurong Birds Park. WaoW, kalau di sharing bertiga, masing-masing kami cukup bayar SGD 1,5an.

Tips-nya hari ini adalah: Terkadang naik taxi menjadi menjadi lebih murah daripada naik transportasi umum lainnya. Tapi syarat dan ketentuan tetap berlaku yaaah, yaitu kalau perginya rame-rame (maksimal ber-4 mungkin masih bisa jadi satu taxi), jadi ongkos taxi-nya bisa di sharing rame-rame.

Akhirnya sampai juga di taman burung yang di klaim sebagai taman burung terbesar di dunia. Sebelum masuk saya sempatkan buat foto-foto manis di bagian depan Jurong Birds Park. Taman burung ini bagian depannya aja udah indah banget, penuh dengan pepohonan hijau yang teduh, tanaman merambat, bunga-bunga angrek, dan daun warna-warni. Pokoknya di sini itu adem banget deh... Di luarnya aja udah bagus, apalagi di dalam nanti pasti bakal bikin kita lebih berdecak kagum.

Taman burung ini memiliki koleksi hingga 5.000 burung dari 380 spesies, luasnya sekitar 20,3 hektar. waOw..! Jurong Birds Park sengaja didesain mirip dengan habitat asli burung-burung ini berasal. Pada satu bagian ada lokasi yang mirip dengan padang rumput di Afrika dan bagian lainnya terlihat seperti hutan tropis di Amerika Serikat.

Di pintu masuk kita bakal di sapa sama kakak-kakak yang memberikan penjelasan mengenai tiket masuk dan penawaran -penawaran lainnya. Dengan beberapa pertimbangan, akhirnya kami membeli paketan Tiket masuk + Tiket terusan naik tram seharga SGD 26. 
Gambar tiketnya beda-beda, tiket masuk saya bergambar King Penguin. Ucul yaaah...
Setelah membayar, kita bakal dikasih selembar tiket dan map Jurong Birds Park. Tempat pertama yang saya datangi adalah Penguin Coast. Bisa melihat penguin-penguin genit yang unyu dari dekat itu ngegemesin. Apalagi ada penguin yang narsis najisnya level SMP kelas tiga. Tiap ada yang nyapa, mereka langsung membusungkan dada di depan kaca dan ngibas-ngibasin tangan (eh sayap nding). Mungkin udah di latih seperti itu kali yaa... Hahahaa...
Aku gemeeess sama mereka
Yang ga mau capek muterin taman burung ini, bisa beli tiket terusan tram (semacam kereta kelinci). Tram ini berkeliling taman burung ini dan akan berhenti di tiga stasiun. Sebelum naik tram, kami foto mesra dulu sama parrot-parrot cantik dan beli sebotol orange jus pelepas dahaga yang segeeerr bangettt.
Tangannya nciek nisaeyong ilang dimakan parrot ^____^'
Banyak pertunjukan atraksi burung yang bisa kita nikmati di sini. Dalam perjalanan dari stasiun tram pertama ke stasiun tram ke dua, kita bisa melihat kandang Heliconia, Shore Birds, Scarlet Ibis, Crowned Pigeon yang cantik, serta Hornbills dan Toucans yang gagah. Kalau tempat favorit saya adalah Lory Loft, yang ada di stasiun ke dua. Di tempat ini kita bisa berinteraksi langsung dengan burung lory yang warna-warni.
Di depan pintu masuk Lory Loft
Lagi menikmati kutu rambut saya -___-'
Ngasih makan dari dekat
Ganteng yaahhh....
Nungguin tram lewat
Meraaaakk, lihat aku dongs... *dicuekin*
Dari stasiun ke dua ke stasiun ke tiga, di sepanjang jalan bisa kita temukan Birds of Prey, Jungle Jewels, Dinosaurus Descendants, dll.
Stasiun ke tiga dekat dengan African Waterfall Aviary. Di sini itu hawa sejuk banget, berasanya seperti mau hujan.


African Waterfall
Perjalanan kembali dilanjutlan dengan tram dari stasiun waterfall ke stasiun pertama tadi. Sepanjang jalan bisa melihat Swan yang lagi berenang, segerombolan Pelican, bermacam jenis Parrot, Flamingo yang lagi arisan di danau, dan juga ada Birdz of Play, sebuah taman bermain untuk anak-anak.



Kalau kamu punya banyak waktu, setelah berkeliling dengan tram, kamu bisa mencoba berkeliling lagi dengan berjalan kaki, biar lebih puas mengeksplorasi taman burung ini sampai ke dalam-dalam ke jalan yang engga di lewati Tram. Jangan kuatir kepanasan, karena tempat ini sejuk dan segar.
Kalau saya sendiri sih tidak punya banyak waktu, karena setelah ini harus melanjutkan perjalanan dan masih banyak tempat yang ingin di datangi. Di Jurong Birds Park ini saya beli tiga kaos bertuliskan Jurong Birds Park  Singapore yang lagi promo dalam rangka Jurong Birds Park Anniversary, yang tadinya @SGD 24 jadi @SGD15, lumayan kaan... Hahahhaa...

Tempat ini buka dari jam 08:30 sampai jam 18.00 waktu setempat. Selain ketemu burung-burung lucu, ada juga show di beberpaa venue tertentu, di antaranya Kings of The Skies Show, Birds n Buddies Showm dan ada juga makan siang bareng Parrots. Waktu show'nya bisa di lihat di map yang tadi di kasih di pintu masuk. Jurong Birds Park ini saya rekomendasikan sebagai salah satu tempat tujuan wisata jika mengunjungi Singapura. Tadinya setelah dari Jurong Birds Park ini, ingin melanjutkan perjalanan ke Singapore Zoo, namun gerimis datang tiba-tiba, akhirnya dari pintu keluar Jurong Birds Park kami naik taxi langsung menuju Mustafa Centre. Terakhir ini saya baru tau, kalau di tempat itu memang sering terjadi demikian, mungkin cuaca di setting seperti mendung mau hujan. Hahahaa... Tapi ya sudahlah... Lain waktu kalau ada kesempatan ke Singapore saya pasti akan mampir ke Singapore Zoo.
Bang...kurung gue bang...!! *halagh*




1 comment:

  1. Mooooondaaaaa jeleeekkk... seruuu deh jalan-jalannyaaa.... ga ngajak-ngajak ih...

    ReplyDelete